Tips Membuat Teks Iklan

Iklan Google

Google AdWords Tips dan Trik : Membuat Teks Iklan yang Efektif


Jika merasa sedikit kesulitan ketika membuat suatu teks iklan / text ads untuk digunakan pada kampanye di Google AdWords Anda, kami punya beberapa tips dan triknya. Dengan jumlah karakter yang dibatasi oleh Google, terkadang hal tersebut menjadi sebuah kesulitan bagi kita untuk membuat suatu pesan iklan secara jelas dan tepat. Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat suatu teks iklan / text ads yang efektif untuk Penulisan Periklanan di Google AdWords.

Menonjolkon bisnis anda

Anda perlu menekankan apa yang membuat produk/jasa anda special. Tanyakan pada diri anda sendiri apa yang membedakan bisnis anda dari pesaing bisnis anda yang lainnya. Beri orang alasan untuk memilih anda daripada pesaing.

Beritahu produk/jasa apa yang anda tawarkan

Orang lebih memilih iklan yang langsung keintinya. Beritahu mereka apa yang anda tawarkan. Penawaran khusus yang anda berikan. Seperti promosi, diskon, harga, dan bonus di teks iklan anda untuk memenangkan hati prospek potensial anda.

Gunakan Informasi Detail dari Produk / Jasa

Tentunya sebelum menulis teks iklan untuk kampanye Google AdWords yang kita jalankan, terlebih dahulu kita harus mengetahui keunikan, kekuatan serta positioning dari produk atau jasa yang kita iklankan. Gunakan kalimat yang powerfull dan memunculkan kekuatan produk kita.

Seperti beberapa keunggulan yang bisa ditampilkan antara lain adalah :

  • Kualitas Produk/Jasa yang Anda Tawarkan
  • Harga Produk yang Bersaing
  • Layanan Servis Tambahan
  • Keunggulan produk anda dari Kompetitor
  • Garansi produk dan beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh produk/jasa Anda

Misalnya, apabila anda menjual produk baju, anda bisa menyebutkan keunggulan dari produk baju Anda, keunggulan tersebut bisa berupa kualitas produk, harga spesial, promo terbatas, pengiriman gratis ataupun beberapa keunggulan lainnya yang pastinya akan membuat user yang mencari produk tersebut akan semakin yakin memilih produk anda ketika melihat iklan Google AdWords Anda.

Sisipkan keyword

Sisipkan keyword bidikan di teks iklan anda, mereka akan mucul dalam huruf tebal sehingga akan menarik perhatian orang yang lagi mencari keyword tersebut.

Tulis teks Iklan Google AdWords yang spesifik

Semakin spesifik dan sesuai teks iklan yang Anda tuliskan dengan kata kunci yang dicari oleh user, maka akan semakin besar kemungkinan iklan anda di klik oleh user. Sebagai contoh, ketika kita menjual produk bunga, buatlah teks iklan yang spesifik menjelaskan tentang produk bunga yang anda tawarkan ketika user melakukan pencarian yang berhubungan dengan jenis-jenis bunga yang anda jual.

Berikut ada beberapa contoh dalam menulis teks iklan Google AdWords yang spesifik :

Keyword yang dibidik :
“Jual Bunga Mawar”
Teks Iklan :
“Temukan Bunga Mawar Hias yang Segar di sini!”

Dan berikut adalah penulisan teks iklan yang kurang dianjurkan :

Keyword :
“Jual Pakaian Wanita”
Teks Iklan :
“Dapatkan Koleksi Pakaian Wanita Terbaik dan Termurah”

Gunakan Kalimat Persuasif dan Provokatif

Kalimat persuasif/ajakan merupakan senjata yang efektif dalam menulis sebuah iklan yang baik. Jangan lewatkan kesempatan untuk membujuk pelanggan potensial anda untuk mengunjungi website anda.  Gunakan ajakan untuk bertindak dengan menggunakan kata kerja yang kuat seperti : Order, Bergabung, Telpon Sekarang, Ayo Pesan, Diskon, Promo dll. Dalam periklanan di Google AdWords dikenal suatu istilah Call to Action. Dengan pesan Call to Action terbukti lebih efektif dalam mengajak user menge-klik iklan kita. Biasanya Call to Action digunakan untuk iklan yang memiliki pesan agar user melakukan pembelian, pendaftaran ataupun berlangganan produk/jasa kita.

Berikut adalah beberapa contoh dari penggunaan Call to Action pada kampanye Google AdWords :

  • “Promo Natal, Beli Sepatu Baru Sekarang !”
  • “Mau Dress Cantik Modis Harga Spesial ? Ayo Kunjungi Website Kami Di Sini !”
  • “Ayo Pesan Pizza Favoritmu ! Beli Hari Ini, Diskon 50% !

Gunakan juga kata-kata yang memicu emosi misalnya : Paling murah, Termurah, Terbaik, Buktikan Saja, Hanya Disini, Tunggu Apa Lagi, Kami Solusinya, Hanya ini yang anda perlukan, Jangan Buang waktu anda, Jangan salah pilih. dll

Penawaran yang terbatas

Tunjukkan kepada prospek pelanggan anda bahwasannya sangat menguntungkan untuk mengklik iklan anda sekarang. Seperti produk / jasa yang lagi cocok untuk musimnya atau penawaran yang terbatas. Orang akan lebih tertarik mengklik iklan anda jika mereka merasa akan kehilangan kesempatan baik.

Gunakan Huruf Kapital pada Awal Kalimat

Di dalam praktik terbaik Google AdWords, menggunakan huruf kapital pada awal kalimat teks iklan sangat dianjurkan. Dikarenakan secara visual terbukti mampu meningkatkan kesadaran user dalam melihat iklan kita.

Gunakan Tanda Seru pada Isi Teks Iklan Google AdWords

Penggunaan tanda seru hanya diizinkan pada bagian description line atau isi pesan iklan saja. Tidak dapat digunakan pada judul / headline. Dalam beberapa case study penggunaan tanda seru (!) terbukti dapat meningkatkan ketertarikan user terhadap iklan kita sehingga berpotensi meningkatkan kemungkinan iklan untuk di klik. Tetapi, perlu diperharikan juga bahwa penggunaan tanda seru tersebut hanya diperbolehkan 1 karakter saja pada iklan Google AdWords.

Contoh : “Promo Hari Ini ! Temukan Diskon Spesial Setiap Produk Pembelian Khusus Anda ! ”

Ajukan Pertanyaan

Jika pertanyaan anda berhubungan dengan kepentingan pelanggan, itu menunjukkan kepedulian anda kepada mereka. Mereka akan merasakan bahwa Anda tahu apa yang sedang dicari mereka di Google.

Menangkan dengan Angka

Angka menunjukkan kejelasan dan ketepatan. Dan pelanggan potensial sangat sadar dengan detil. Ungkapkan keuntungan yang anda berikan seperti harga atau jumlah.

Jangan Mengulang

Jangan mengulang, karena jumlah karakter yang terbatas sebaiknya tidak melakukan pengulangan kata-kata yang memiliki arti yang sama.